Senin, 05 September 2011

PERGAULAN

1. Apabila seorang datang langsung berbicara sebelum memberi salam maka janganlah dijawab. {HR.Ad-Dainuri dan Tirmidzi}

2. Lakukanlah ziarah dgn jarang-jarang agar lbh menambah kemesraan. {HR.Ibnu Hibban}

3. Laki-laki memberi salam kepada wantia dan wanita jangan memberi salam kepada laki-laki

4. Apabila kamu saling berjumpa maka saling mengucap salam dan bersalam-salaman dan bila berpisah maka berpisahlah dgn ucapan istighfar.
5. Sahabat Anas Ra berkata Kami disuruh oleh Rasulullah Saw agar jawaban kami tidak lbh daripada wa’alaikum . .

Penjelasan:
Yakni ketika orang non muslim memberi salam kepada seorang muslim maka jawabannya tidak boleh lbh dari: Wa’alaikum artinya: Dan juga bagimu . Namun jika yg mengucapkan salam tersebut orang Islam maka kita harus membalasnya dgn ucapan yg lbh baik atau minimal sama. Firman Allah Apabila kamu dihormati dgn suatu penghormatan maka balaslah penghormatan itu dgn yg lbh baik atau balaslah . Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.

6. Apabila dua orang muslim saling berjumpa lalu berjabatan tangan dan mengucap Alhamdulillah dan beristighfar maka Allah ‘Azza Wajalla mengampuni mereka

7. Senyummu ke wajah saudaramu adl sodaqoh.

8. Apabila berkumpul tiga orang janganlah yg dua orang berbisik-bisik {bicara rahasia} dan meninggalkan orang yg ketiga {karena hal tersebut akan menimbulkan kesedihan dan perasaan tidak enak baginya}

9. Apabila seorang bertamu lalu minta ijin {mengetuk pintu atau memanggil-manggil} sampai tiga kali dan tidak ditemui maka hendaklah ia pulang.

10. Seorang tamu yg masuk ke rumah suatu kaum hendaklah duduk di tempat yg ditunjuk kaum itu sebab mereka lbh mengenal tempat-tempat aurat rumah mereka.

11. Menyendiri lbh baik daripada berkawan dgn yg buruk dan kawan bergaul yang sholeh lbh baik daripada menyendiri. Berbincang-bincang yg baik lbh baik daripada berdiam dan berdiam adl lbh baik daripada berbicara yang buruk.

12. Seseorang adl sejalan dan sealiran dgn kawan akrabnya maka hendaklah kamu berhati-hati dalam memilih kawan pendamping.

13. Sesungguhnya Allah Ta’ala menyukai kelestarian atas keakraban kawan lama maka peliharalah kelangsungannya.

14. Seorang mukmin yg bergaul dan sabar terhadap gangguan orang lbh besar pahalanya dari yg tidak bergaul dgn manusia dan tidak sabar dalam menghadapi gangguan mereka.

15. Amal perbuatan yg paling disukai Allah sesudah yg fardhu ialah memasukkan kesenangan ke dalam hati seorang muslim.

16. Barangsiapa mengintip-intip rumah suatu kaum tanpa ijin mereka maka sah bagi mereka utk mencolok matanya.

17. Seorang mukmin adl cermin bagi mukmin lainnya. Apabila melihat aib padanya dia segera memperbaikinya.

18. Tiga perbuatan yg termasuk sangat baik yaitu berzikir kepada Allah dalam segala situasi dan kondisi saling menyadarkan satu sama lain dan menyantuni saudara-saudaranya .

19. Jibril Alaihissalam yg aku cintai menyuruhku agar selalu bersikap lunak terhadap orang lain.

20. Seorang muslim adl saudara bagi muslim lainnya tidak menzaliminya dan tidak mengecewakannya dan tidak merusaknya {kehormatan dan nama baiknya}.

21. Rasulullah Saw melarang mendatangi undangan orang-orang fasik. {HR.
Ath-Thabrani}

22. Janganlah kamu duduk-duduk di tepian jalan. Para sahabat berkata Ya Rasulullah kami memerlukan duduk-duduk utk berbincang-bincang. Rasulullah kemudian berkata Kalau memang harus duduk-duduk maka berilah jalanan haknya.

Mereka bertanya Apa haknya jalanan itu ya Rasulullah? Nabi Saw menjawab Memalingkan pandangan menghindari gangguan menjawab ucapan salam dan beramar ma’ruf nahi mungkar.

23. Termasuk sunnah bila kamu menghantar pulang tamu sampai ke pintu rumahmu.

24. Rasulullah Saw menerima pemberian hadiah dan mendoakan ganjaran atas pemberian hadiah tersebut.

25. Jangan menolak hadiah dan jangan memukul kaum muslimin.

26. Hendaknya kamu saling memberi hadiah. Sesungguhnya pemberian hadiah itu dapat melenyapkan kedengkian.

27. Seorang pemuda yg menghormati orang tua krn memandang usianya yg lanjut maka Allah mentakdirkan baginya pada usia lanjut orang akan menghormatinya.

28. Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah menghormati tamunya. Kewajiban menjamu tamu hanya satu hari satu malam. Masa bertamu adl tiga hari dan sesudah itu termasuk sedekah. Tidak halal bagi si tamu tinggal lebih lama sehingga menyulitkan tuan rumah.

29. Barangsiapa menerima kebaikan dari kawannya tanpa diminta hendaklah diterima dan jangan dikembalikan. Sesungguhnya itu adl rezeki yg disalurkan Allah untuknya.

30. Barangsiapa membela saudaranya tanpa kehadirannya maka Allah akan membelanya di dunia dan di akhirat.

31. Apabila kawan muslim seseorang digunjing dan dia tidak menyanggah padahal sebenarnya dia mampu membelanya maka Allah akan merendahkannya di dunia dan di akhirat.

32. Jiwa-jiwa manusia ibarat pasukan. Bila saling mengenal menjadi rukun dan bila tidak saling mengenal timbul perselisihan.

33. Tiada beriman seorang dari kamu sehingga dia mencintai segala sesuatu bagi saudaranya sebagaimana yg dia cintai bagi dirinya.

34. Hubungilah orang yg memutus hubungannya dgn kamu dan berilah kepada orang yg enggan memberimu. Hindarkan dirimu dari orang yg menzalimi kamu .

35. Belalah kawanmu baik dia zalim maupun dizalimi. Apabila dia zalim cegahlah dia dari perbuatannya dan bila dia dizalimi upayakanlah agar dia dimenangkan .

36. Barangsiapa tidak memperhatikan urusan kaum muslimin maka dia bukan termasuk dari mereka.

37. Jangan menunjukkan kegembiraan atas penderitaan saudaramu niscaya Allah akan menyelamatkannya dan akan menimpakan kepadamu. {HR. Aththusi dan Tirmidzi}

38. Apabila kamu memukul hindarilah wajah.

39. Wahai segenap manusia sesungguhnya Robbmu satu dan bapakmu satu. Tidak ada kelebihan bagi seorang Arab atas orang Ajam dan bagi seorang yg bukan Arab atas orang Arab dan yg merah atas yg hitam dan yg hitam atas yg merah kecuali dgn ketakwaannya. Apakah aku sudah menyampaikan hal ini? 40. Tidak boleh ada gangguan dan tidak boleh ada paksaan.

41. Cukup jahat orang yg menghina saudaranya.

42. Tidak halal bagi seorang muslim menjauhi dgn saudaranya melebihi tiga malam. Hendaklah mereka bertemu utk berdialog mengemukakan isi hati dan yg terbaik ialah yg pertama memberi salam .

43. Barangsiapa meniru-niru tingkah laku suatu kaum maka dia tergolong dari mereka.

44. Tidak akan masuk surga orang yg suka mencuri berita {suka mendengar-dengar berita rahasia orang lain}.

45. Perumpamaan orang-orang yg beriman di dalam saling cinta kasih dan belas kasih seperti satu tubuh. Apabila kepala mengeluh maka seluruh tubuh tidak bisa tidur dan demam.

46. Kawan pendamping yg sholeh ibarat penjual minyak wangi. Bila dia tidak memberimu minyak wangi kamu akan mencium keharumannya. Sedangkan kawan pendamping yg buruk ibarat tukang pandai besi. Bila kamu tidak terjilat apinya kamu akan terkena asapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar