Sabtu, 17 September 2011

Anjuran Zuhud, Qana'ah dan Tdk Meminta-minta

Ayat-ayat Tentang Qana'ah
Ayat ke-1

"Itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan ( kehidupan ) akhirat, maka tidak akan diringankan siksa mereka dan mereka tidak akan ditolong." ( Q.S. Al-Baqarah: 86 ).

Ayat ke-2

"Maka di antara manusia ada yang berdoa, 'Ya Tuhan kami, berilah kami ( kebaikan ) di dunia.' Dan tiadalah baginya bagian ( yang menyenangkan ) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa, 'Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.' Mereka itulah orang-orang yang mendapat bagian ( pahala ) dari apa yang mereka usahakan, dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya." (Q.S. Al-Baqarah: 200-202).

Ayat ke-3

"Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari ridha Allah. Dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya." ( Q.S. Al-Baqarah: 207 ).

Ayat ke-4

"Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka pada hari Kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas." ( Q.S. Al-Baqarah: 212 ).

Ayat ke-5

"Dan masa ( kejadian dan kehancuran ) itu Kami gilirkan di antara manusia ( agar mereka mendapat pelajaran )." ( Q.S. Ali 'Imran: 140 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar