Minggu, 11 September 2011

KISAH UBAY BIN KA'AB ra. MENGAJAR HADIST

Ubay bin Ka'ab ra. adalah sahabat dan salah seorg diantara qari' yg terkenal. Ia pandai membaca dan menulis sebelum masuk islam. padahal pada umumnya bangsa arab ketika itu tdk demikian. Setlh masuk islam, ia segera dikenal banyak org yg sebelumnya ia memang sdh dikenal org banyak. Ia bertugas mencatat wahyu yg diturunkan oleh Allah swt. kpd Nabi saw.ia adalah org yg mahir dlm Alqur'an dan termasuk org yg hafal Alqur'an semasa hidup Nabi saw. Nabi saw bersabda: Qari' terbesar dari umatku adalah Ubay bin Ka'ab ra.
Ubay ra. biasa menghafal Alqur'an setiap 8 mlm dlm tahajudnya. Pernah Nabi sawbersabda kpd Ubay bin Ka'ab ra."Allah tlh menyuruhmu membacakan Alqur'an kpdku" Ubay ra. bertanya, ya Rasulullah, apakah Allah menyebut namaku? jawab beliau, ya, Allah menyebut namamu. mendengar itu, ia menangis karena gembira bahwa ia tlh diberi penghargaan oleh Allah swt.
Jundud bib Abdillah ra.berkata: Aku dtg ke Madinah utk menuntut ilmu. beberapa ulama sdg mengajarkan hadist di mesjid Nabawi. setiap murid duduk berkelompok menghadap gurunya masing2. ketika aku melewati kelompok2 tersebut, aku melihat seorg pengajar seperti seorg musafir. ia hanya memakai 2 helai kain di tubuhnya. ia duduk sambil mengajarka hadist2. aku bertanya kpd org2 disana," siapakah dia?" jawab mereka, dialah pemimpin kaum muslimin,Ubay bin Ka'ab. akupun duduk dimajelisnya. setlh mengajar, ia pulang kerumahnya dan aku mengikutinya dari belakang. disna aku menjumpai sebuah rumah tua yg sangat sederhana dan sedikit prabotnya. ia menjalani hidup dg sangat zuhud.
Ubay ra. berkata, pernah Nabi saw, mengujiku dg bersabda, manakah ayat Alqur'an yg terbesar(dari segi berkah dan keutamaannya)? aku berkata,Allah dan Rasulnya lebih mengetahui. Nabi saw, mengulangi pertanyaan itu.karena menjaga adab aku memberikan jawaban yg sama.Kemudian Nabi tanya lagi yg ketiga kalinya, laluku jawab "Ayat kursy" Nabi saw gembira mendengar jawabanku dan bersabda: semoga Allah memberkahi ilmumu.
Walaupun Ubay ra. ibuk dg ilmu dan ingat kpd Allah swt,ia selalu ikut perang!!

1 komentar: