Minggu, 11 September 2011

PERLOMBAAM SEDEKAH UMAR DAN ABU BAKAR R.A.

Umar ra. Meriwayatkan, suatu ketika Rasulullah saw memerintahkan utk bersedekah, waktu itu saya memiliki sedikit harta kekayaan. Saya merenung, setiap saat Abu Bakar membelanjakan lebih dari apa yg telah saya belanjakan dijalan Allah. Saya berharap dg karunia Allah, semoga saya dapat membelanjakan lebih darinya kali ini, karena saat itu saya mempunyai dua harta kekayaan utk saya belanjakan. Saya pulang kerumah dg perasaan gembira sambil membayangkan buah pikiran saya tadi. Segala yg ada dirumah, saya ambil setengahnya. Rasulullah saw bersabda: apa yg jamu tinggalkan utk klgamu, wahai Umar? Saya menjawab, ya ada yg saya tinggalkan, wahai Rasulullah! Nabi bertanya lagi, seberapa banyak yg telah jamu tinggalkan? Jawab saya, Saya telah tinggalkan setengahnya. Tdk berapa lama kemudian Abu Bakar datang dg membawa seluruh harta bendanya. Saya mengetahui bahwa beliau telah membawa seluruh miliknya. Begitulah pembicaraan yg aku dengar antara beliau dg Rasulullah saw. Rasulullah saw bertanya, apakah yg jamu tinggalkan utk klgamu, wahai Abu Bakar? Jawab Abu Bakar, saya meninggalkan Allah dan Rasulnya kpd mereka (saya tinggalkan dg keberkahan nama Allah Swt, dan Rasulnya serta keridhaannya) Umar berkata, Pajak saat itu saya mengetahui bahwa sekali-kali saya tdk darat melebihi Abu Bakar ra. Hikmah dari kisah ini: Berlomba-lomba dan berusaha melebihi org lain dalam kebaikan adalah perbuatan yg baik dan sunnah, seperti firman Allah dalam al quran. "karena hut berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan (Q.s.al Maidah ayat 48) oleh sebab itu perbuatan seperti ini sangat disukai. Peristiwa ini terjadi semasa perang Tabuk, dimana para sahabat menyambut seruan Rasulullah saw, utk memberikan derma sesuai kemampuan masing2. Semoga Allah memberi anugrah kpd mereka dg sebaik-baik karunia. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar