Jumat, 09 September 2011

HADIST HADIST RASULULLAH SAW

1. “Barang siapa yang benci terhadap sunnahku berarti dia bukan dari golonganku” (SHAHIH, HR Bukhari dan Muslim)

2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :“ Kain (Pakaian, Sarung, Celana) apa saja yang berada di bawah kedua mata kaki, maka tempatnya adalah neraka” (SHAHIH, HR Bukhari)

3. Dari Abu Dzar, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ Tiga macam orang yang Allah tidak akan mengajak bicara mereka di hari kiamat nanti, tidak juga memandang dan mensucikan mereka, bahkan bagi mereka siksa yang amat pedih. Mereka adalah orang yang memanjangkan celanannya hingga menutupi kedua mata kakinya, orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian /jasanya dan orang yang menjual dagangannya dengan sumpah palsu” (SHAHIH, HR Muslim)

4. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :"Pakaian seorang mukmin sebatas pertengahan kedua betisnya. Tidak mengapa ia menurunkan dibawah itu selama tidak menutupi kedua mata kaki. Dan yang berada dibawah mata kaki tempatnya di neraka.” (SHAHIH, HR Abu Daud, Malik)

5. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda " Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menerima shalat seseorang yang melakukan Isbal." (SHAHIH, HR Abu Dawud namun didiamkan oleh Syaikh Albani)

6. Sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang diriwayatkan dari Jabir Ibnu Sulaiman : "Hindarilah Isbal olehmu dalam berpakaian, karena sesungguhnya memanjangkan pakaian melewati mata kaki itu tergolong tanda kesombongan." (SHAHIH, HR Abu Daud dan At Tirmidzi)

7. Hadist Utsman : “ Bahwasanya pakaian Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam sampai pertengahan betisnya “ (SHAHIH, HR At Tirmidzi , Al Albani)

8. Dari Ibnu Umar Bin Khatab, bahwasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :” Tatkala seorang lelaki pakaiannya Isbal, tiba-tiba ia dibenamkan, maka diapun timbul tenggelam kedalam tanah dengan suara bergemuruh sampai hari kiamat.” (SHAHIH, HR Bukhari)

9. Dari Al Mughiroh bin Syu’bah, bahwasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Wahai Sufyan bin Sahl, janganlah kamu melakukan Isbal, sebab Allah tidak menyukai orang2 yang melakukan Isbal” (SHAHIH, HR Ibnu Majah, Al Albani)

10. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat dari jauh seorang lelaki yang Isbal, lalu beliau cepat2 mengejarnya, sambil berlari kecil beliau bersabda “ Angkatlah pakaianmu dan takutlah kamu kepada Allah!”. Lelaki tersebut menjawab: ”Aku adalah orang yang berpenyakit kaki bengkok seperti X, lututku berbenturan”. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Angkatlah pakaianmu karena sesungguhnya setiap ciptaan Allah itu indah”. Maka sejak saat itu tidak telihat pada lelaki itu kecuali pakaiannya sampai setengah betisnya. (SHAHIH, HR Ahmad, Bukhari dan Muslim)

11. Dari Ibnu Umar Bin Khotob : “ Aku pernah melewati Rasulullah dan pakaianku kebetulan kedodoran, maka beliau bersabda : ” Angkatlah pakaianmu!” lalu akupun mengangkatnya, kemudian beliau besabda lagi: ”Tambah lagi!” maka akupun mengangkatnya lagi. Semenjak itu akupun selalu menjaganya. Ketika orang2 bertanya kepadaku : ”Sampai dimana?” ,aku jawab “Sampai setengah kedua betis” (SHAHIH, HR Muslim)

12. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :"Apa saja yang aku perintahkan kepada kalian, maka laksanakanlah semampu kalian, dan apa yang aku larang maka jauhilah” (SHAHIH, HR Bukhari dan Muslim)

13. Allah SWT berfirman :”Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah” (QS Al Qur’an. Surat Al Hasyr : 7)

1 komentar: