Senin, 24 Oktober 2011

Keutamaan Ilmu!!

  Dianatara sekian banyak perintah Allah Swt yg diwajibkan atas kaum muslimin adalahnkewajiban menuntut ilmu dijalan-Nya. Allah Swt berfirman:
  "Tdk sepatutnya bagi org2 mu'min berangkat semuanya (ke medan perang). Mengapa tdk pergi dari tiap2 golongan diantara mereka beberapa org utk menuntut ilmu tentang agama dan utk memberi peringatan kpd kaumnya apabila mereka telah kembali kpdnya, supaya mereka dpt menjaga dirinya" (Qs At Taubah 122)
 
Dalam hadistnya Rasulullah saw bersabda:
  "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim" (Hr Ibnu Majah)

 Perintah menuntut ilmu pada ayat diatas bermakna ilmu agama, demikian pula makna al ilmu pada hadist diatas pada ilmu agama.
  Walaupun demikian, tdk selayaknya kaum muslimin mengabaikan ilmu2 umum yg padanya terdapat masalah duniawi,dan tdk jarang menjadi bagian yg tdkterpisahkan dg ilmu syar'i. Lagi pula pemisahan ilmu agama dan ilmu umum tdk dikenal di kalangan para Salafus Shalih, sehingga kita mengenal mereka bukan saja org2 yg faham agama, akan tetapi mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus. Hanya saja sedikit sakali yg memafarkan kehandalan Salafus Shalih dibidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kemslahatan duniawi yg lain.

  Secara umum kewajiban menuntut ilmu telah banyak dilalaikan oleh kaum muslimin, sehingga dampaknya sangat terasa. Kita menyaksikanketerbelakangan melanda umat islam dlm segala bidang dan secara khusus pengabaian mereka terhadap ilmu agama telah menjadikan kaum muslimin kehilangan sensitifitas terhadap segala hal.

  Akibat kesalahan tersebut mereka menderita dua kerugian sekaligus yaitu:
Pertama.mereka tertinggal oleh umay agamalain dari segi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Teknologi perang,informasi dan komunikasi), juga hal2 lain dari kreasi manusia modern.
Kedua, Merka buta tentang ajaran agama islam yg hanif.

  Jika kita perhatikan dan amati keduanya, maka akan ditemukan sebuah hubungan yg sangta kuat dan saling mempengaruhi antara satu dg yg lain. Jauhnya kaum muslimin dari Al Qur'an dan Sunnah ditambah rasa enggan mereka mempelajari dan mendalami ilmu agamanya, menyebabkan mereka mengabaikan pula ilmu2 duniawi atau minimal salah persepsi. Mereka tdk tahu bahwa islam sabagairahmat bagi dunia ini memerintahkan umatnya utk memakmurkan bumidg berbagai aktivita kreatif dan inovatif. Sebagai buktidari klaim tersebat adalah ketidakmampuan umat islam bersaing dg umat lain, padahal tdk sedikit diantara mereka yg bergelut dg ilmu2 umum selama berpuluh-puluh tahun dan telah mereka miliki tdk dpt bermanfaat bagi islam dan umatnya, karena kemampuan itu hanya dimanfaatkan utk membangun negara lain atas diri pribadi dan bukan utk kepentingan kaum muslimin.
  Hal ini jika diamati secara seksama akan memberi kesimpulan bahwa semua itu terjadi karena jauhnya kaum muslimin dariajaran agamanya (Al Qur'an dan Sunnah), sehingga kepekaan mereka pun sangat minimterhadap isu2 agamanya.

  Marilah kita melihat dan membahas keutamaan ilmu dlm islam, semoga dg ini kita dpt tergugah dan bersegera memanfaatkansisa2 usia kita dlm menuntut ilmu dg memajuka islam dan kaum muslimin.
1. Allah Swt akan mengangkat derajat org2 yg berimana dan berilmnu diatas makhluk-Nya yg lain Al Qur'an menyebutkan:
Allah Swt akan mengakat derajat org2 yg beriman dan berilmu diantara kalian beberapa derajat.(Qs Al Mujadillah 11)
Sahabat Ibnu Mas'ud berkata, "Allah Swt akan mengangkat derajat org yg berilmu diatas org yg beriman yg tdk berilmu." Imam Al Qurtubi Rah juga mengatakanj dlm tafsirnya," Allah Swt akan mengakat derajat org yg beriman dg pahala diakherat dan kemuliaan didunia, lalu diangkatlah derajat org beriman diatas org kafir dan derajatorg berilmu diatas org jahil."
2. Hanya org yg berilmu yg takut kpd Allah Swt sebagai tanda kealiman seseorg dan kelalaiannya kpd Allah Swt sebagai tanda kebodohannya.
3. Ilmu mengantarkan org utk mengakui dan menyakini dg kenyakinan yg sempurna atas ketuyhannan dan keesaan Allah Swt seperti Firman-Nya:
 "Allah Swt5 telah bersaksi bahwa tdk adaTuhan selain Dia, para malaikat, dan org2 yg berilmu (telah bersdaksi seperti itu) dan tdk ada Tuhan yg berhak disembah melainkan Dia Yang Mahaperkasa lagi Maha Bijaksana"(Qs Ali Imran 18)
4. Ilmu adalah harta yg tdk ternilai harganya. Alk Qur'anmenyebutkan:
 "Dan katakan lah (wahai Muhammad), ya Tuhanku tambahlah bagiku ilmu pengetahuan"(Qs Thaha 114)
5. Pengusaaan dan pemahaman ilmu agama adala tanda kebaikan seseorg, sebagaimana disabdakan Rasulullah saw:
 "Barangsiapa dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memberi pemahaman kpdnya tentang agama"(Hr Muslim)
6. Majelis ilmu dinyatakan oleh Rasulullah saw sebagai taman surga:
 "Apabila kalian melewati taman2 surga maka singgahlah. sahabat beratanya, Apakah itu taman surga ya Rasulullah? Beliau menjawab, Mejelis ilmu,"(Hr Tirmidzi)

  Demikianlah sebagian keutamaan ilmu yg dpt kami sampaikan,semoga dg penjelasan yg singkat ini dpt memberikia gambaran yg jelas tentang Isalam dan keagungan ajarannya. Akhirnya marilah kutra berdoa kepada Allah Swt mudah2an selalu melapangkan jalan bagi kita dlm menuntut ilmu..aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar